Sekilas Tentang Manajemen


Jumat, 03 Maret 2017 | 13:58:52 |Dibaca : 173 Pembaca
about img

Pengertian Manajemen Menurut Beberapa Tokoh

Manajemen adalah seni mengerjakan pekerjaan melalui orang lain. (Follet,1997)
Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan Organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, dan Pengendalian orang-orang serta sumber daya Organisasi lainnya. (Nickels, Mchugh, 1997)
Seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan. (Ernie & Kurniawan, 2005)
Pengertian Manajemen secara Umum adalah suatu proses mengelola ataupun menyusun sumber daya manusia untuk mencapai tujuan secara Efektif adan Efisien.

Mengapa Manajemen diperlukan? Karena Manajemen dibutuhkan oleh semua Organisasi, dan tanpa adanya Manajemen semuanya akan sia-sia serta pencapaian tujuan akan lebih sulit.
Manajemen diperlukan ;

  1. Untuk mencapai tujuan
  2. Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan
  3. Untuk mencapai Efesiensi dan Efektivitas


Fungsi-fungsi Manajemen

  1. Perencanaan (Planning), Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan di masa yang akan datang dan penentuan strategi, taktik yang tepat untuk mewujudkan target serta tujuan Organisasi.
  2. Pengorganisasian (Organizing), Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan di desain dalam sebuah struktur Organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan Organisasi yang kondusif, serta dapat memastikan bahwa semua pihak dalam Organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan Organisasi.
  3. Pengarahan (Directing), Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi serta proses memotovasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggungjawabnya dengan penuh kesadaran serta produktipitas yang tinggi.
  4. Pengawasan (Controlling), Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, serta diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan dunia bisnis yang dihadapi.

 

Tingkat Keterampilan Manajerial

  1. Conceptual Skills, kemampuan mental untuk mengkordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kegiatan kepentingan dan kegiatan operasional.
  2. Human Skills, kemampuan untuk bekerja dengan memahami dan memotivasi orang lain baik sebagai individu maupun kelompok.
  3. Technical Skills, kemampuan untuk menggunakan peralatan, prosedur atau teknik-teknik dari satu bidang tertentu.
  4. Administrative Skills, adalah seluruh keterampilan yang berkaitan dengan Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengawasan.

 

Fungsi Operasional Dalam Manajemen

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia, Adalah penerapan Manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh Sumber Daya Manusia yang terbaik bagi bisnis yang kita dijalankan dan bagaimana Sumber Daya Manusia yang yang terbaik tersebut dapat dipelihara agar dapat bekerja bersama kita dengan kualitas pekerjaan tang senantiasa konstan ataupun bertambah.
  2. Manajemen Pemasaran, Kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen, dan bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
  3. Manajemen Produksi, Penerapan Manajemen berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang dihasilkan dalam proses produksi.
  4. Manajemen Keuangan, Kegiatan Manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuan secara ekonomis yaitu diukur berdasarkan profit. Tugas Manajemen Keuangan diantaranya merencanakan darimana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiaan bisnis yang dijalankan.
  5. Manajemen Informasi, Kegiatan Manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang.

Iklan Layanan